Diberdayakan oleh Blogger.
coretan busukk On Minggu, 23 Agustus 2015

70 Tahun Indonesia



Kita tahu bahwasanya 70 tahun bukan angka yang sedikit. Mengingat bagaimana perjuangan bangsa Indonesia untuk memerdekakan negeri ini butuh perjuangan yang sangat besar. Jika untuk kebanyakan orang, usia 70 tahun sudah dikategorikan sebagai usia lanjut. Lalu bagaimana dengan 70 tahun Indonesia? Tidak, tidak ada kalimat usia lanjut dalam sebuah negara. Negara akan tetap menjadi negara dengan berbagai hiruk pikuk pemerintahan di dalamnya. Negara akan tetap menjadi negara berapapun usianya. Indonesia akan tetap menjadi Indonesia dengan ribuan gugusan pulau yang membentang dari Sabang sampai Merauke, dengan segala macam warisan seni dan budayanya. Indonesia akan selalu menjadi bangsa terbesar dengan berbagai macam suku yang ada di dalamnya.

70 tahun yang lalu salah seorang tokoh besar bangsa ini memproklamasikan kemerdekaan. Suatu peristiwa yang sangat bersejarah bagi bangsa ini, sebuah naskah proklamasi yang membebaskan bangsa Indonesia dari belenggu penjajah yang sudah ratusan tahun menghuni negeri ini. Memperlakukan rakyat secara tidak manusiawi dan mengeksplor kekayaan bangsa ini untuk kepentingan negaranya. Tentu bukan hal yang mudah untuk mencapai kemerdekaan. Sudah ribuan bahkan jutaan rakyat gugur melawan kolonial, dimulai dengan perjuangan masing-masing daerah hingga terbentuk bermacam-macam gerakan nasional untuk mengusir para penjajah. Perjuangan dan pengorbanan ratusan tahun yang Maha Dahsyat hingga sampai pada hari di mana Indonesia kosong kekuasaan, kesempatan ini digunakan bangsa Indonesia untuk meyusun naskah proklamasi yang kemudian menjadi awal terbentuknya sebuah negara bernama Indonesia. Walaupun sudah merdeka, bukan berarti negara ini bebas begitu saja. Beberapa bulan setelah hari kemerdekaan itu, penjajah kembali menginjakkan kaki di Indonesia. Tentu tidak ada sedikit pun maksud baik dalam kedatangan mereka. Bangsa ini kembali berjuang mempertahankan negara ini, yang kemudian terjadi pertumpahan darah di berbagai daerah. Pertempuran 10 November, Bandung Lautan Api, Pertempuran Medan Area dan masih banyak lagi.

Mengingat perjuangan yang begitu besar, lalu apa yang sudah dicapai oleh bangsa ini setelah 70 tahun merdeka? Setelah tujuh kali berganti pemerintahan? Tentu sudah banyak yang sudah dicapai. Tentunya dengan program-program pemerintahan yang bertujuan untuk membawa perubahan yang lebih baik untuk bangsa ini, meskipun tidak semuanya bisa berhasil. Namun setidaknya kita bisa menghargai kerja keras para pemimpin bangsa ini. 

Sebagai seorang pemuda yang memiliki jiwa yang besar, sudah sepatutnya kita mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang berguna agar bangsa ini tetap bertahan, agar Indonesia ini tetap berdiri, agar semua yang ada di dalamnya tetap ada.


17 Agustus 2015

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments